kompor induksi listrik

Kelebihan Kompor Induksi Listrik, Masak Bisa Lebih Cepat!

Akibat adanya perkembangan teknologi, maka muncullah kompor induksi listrik dimana dapat menjadi solusi terbaik untuk kegiatan masak memasak. Keberadaan dari kompor tersebut memang dipercaya bisa memberikan efisiensi energi jauh lebih tinggi sehingga tetap aman. 

Bahkan dengan memasak menggunakan kompor tersebut jauh lebih cepat tetapi tetap bisa mempertahankan kualitas gizi di dalamnya. Cara kerja dari kompor tersebut sebenarnya sangat sederhana yakni dengan memanaskan peralatan memasak secara langsung dengan energi elektromagnetik. 

Kelebihan Kompor Induksi Listrik 

Dari waktu ke waktu, keberadaan dari kompor tersebut memang semakin banyak diminati oleh masyarakat selain kompor listrik. Hal tersebut cukup wajar, karena keberadaan dari kompor ini ternyata mempunyai sejumlah kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Permukaan Kompor Tidak Panas 

Ketika Anda memasak menggunakan kompor listrik atau gas, tentu pernah merasakan panas di permukaannya bukan? Tetapi hal tersebut tidak akan dirasakan ketika menggunakan kompor induksi listrik ini. Sebab jenis kompor ini ternyata tetap terasa dingin ketika digunakan sehingga akan memberikan rasa aman. 

  1. Proses Memasak Lebih Cepat 

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kompor ini adalah proses memasak lebih cepat dibandingkan penggunaan kompor biasa. Itu dikarenakan panas kompor induksi ini tidak menyebar sehingga proses memasak lebih efisien. Pada saat pengguna menyalakan kompor, maka dapat menghantarkan panas secara langsung ke panci tanpa perlu proses pemanasan lama. 

  1. Bisa Lebih Hemat Energi 

Jenis kompor ini menggunakan teknologi yang nantinya akan memungkinkan tidak terdapat kebocoran panas. Pengguna juga tidak perlu menunggu lama buat memanaskan peralatan memasak seperti pada kompor gas atau listrik. Ini tentu sangat menguntungkan dimana akan membuat Anda bisa lebih hemat energi. 

  1. Mudah Dibersihkan

Karena jenis kompor ini tergolong ringan dengan permukaannya yang halus, maka pengguna diberikan kemudahan untuk membersihkannya. Dengan membersihkan secara rutin akan bermanfaat untuk mencegah sisa makanan berubah menjadi karbon nantinya. 

  1. Dilengkapi Dengan Beberapa Fitur 

Beberapa brand dari kompor induksi ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur buat meningkatkan keamanan sekaligus efisiensi. Misalnya saja adalah fitur timer yang bisa membuat kompor mati secara otomatis sesuai dengan waktunya. Di samping itu juga terdapat fitur child lock, sensor keamanan hingga mode memasak. 

Kekurangan 

Walaupun keberadaan dari kompor jenis ini mempunyai sejumlah kelebihan di dalamnya, tetapi ternyata juga terdapat sejumlah kekurangannya. Adapun kekurangan yang paling terlihat dari jenis kompor tersebut adalah harganya mahal sehingga tidak semua orang mampu untuk membeli jenis kompor tersebut. 

Di samping itu, tidak semua jenis peralatan masak dapat menggunakan kompor induksi tersebut. Sebab hanya peralatan yang mempunyai permukaan rata berhubung permukaan kompor juga rata. Serta material harus mengandung magnet sehingga kompor dapat bereaksi. 

Penggunaan dari kompor induksi memang menawarkan sejumlah kelebihan bagi pengguna seperti hemat energi hingga proses memasak lebih cepat. Segera pertimbangkan untuk menggunakan kompor induksi listrik terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.