Bagaimana Tips Memilih Genset Handal Agar Tak Salah Beli?

Saat ini sudah banyak sekali bermunculan berbagai merk generator set. Namun bukan berarti Anda menjadi bingung dalam memilih produk genset yang berkualitas. Bagi Anda warga Medan dan sekitarnya, jual genset di Medan saat ini semakin mudah, karena sudah banyak produk andalan yang unggul. Bagaimana sih tips untuk mengetahui bahwa genset yang digunakan handal atau tidak? Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan untuk membeli genset. 

  • Menghitung Jumlah Kebutuhan Listrik

Kebutuhan listrik artinya daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan listrik di suatu tempat. Jika Anda ingin membeli generator set untuk kebutuhan rumah, maka hitung kebutuhan listrik pada rumah. Misalnya begini, Anda akan membeli generator set untuk keperluan rumah. Pada rumah Anda terdapat televisi, lemari es, kipas angin, barang elektronik dan masih banyak lagi. Hitung kebutuhan listrik utama yang nantinya akan dibebankan pada generator set saat listrik padam.

  • Pilih Daya Lebih Besar 10% dari Seluruh Kebutuhan Listrik

Setelah mengetahui berapa total kebutuhan listriknya, maka tahapan selanjutnya dengan memilih daya produk generator set. Pastikan untuk membeli generator set dengan kekuatan daya 10% dari seluruh kebutuhan total daya listrik. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi agar kebutuhan listrik yang dibutuhkan sesuai dengan daya generator set. Jika dayanya tidak sesuai, maka percuma saja Anda membeli produk generator set tersebut. 

  • Pilih Tipe Produk Generator Set yang Benar-Benar Berkualitas

Ada banyak orang jual genset di Medan, akan tetapi Anda harus memastikan untuk memilih tipe genset yang berkualitas dan tentunya handal. Pakailah genset tipe open untuk diletakkan pada tempat terpencil misalnya gudang. Anda juga bisa memilih tipe silent jika akan meletakkannya pada event atau tempat yang sangat ramai. 

  • Pilih Bahan Bakar yang Tepat untuk Generator

Pilih genset yang membutuhkan bahan bakar bensin untuk bisa digunakan. Hindari memilih genset yang menggunakan bahan bakar solar. Hal ini dikarenakan solar sekarang semakin langka apalagi jika kebutuhannya dalam jumlah besar. Nanti malah membuat Anda kebingungan dalam menghidupkan generator akibat bahan bakar yang diperlukan sedang kosong dan sulit ditemukan. 

  • Pastikan Bahwa Spare Part Generator Set Mudah Diperoleh

Memang tidak ada yang mengharapkan generator set akan rusak. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan segalanya sebelum hal tersebut terjadi. Pilihlah jenis generator set yang spare partnya mudah sekali diperoleh, sehingga alat bisa segera diperbaiki. Mintalah bantuan kepada layanan pihak teknisi generator set untuk membantu memperbaikinya dengan cepat. 

  • Pilih Jenis Generator Soundproof

Dari sekian banyak orang yang jual genset di Medan, ada baiknya jika Anda memilih produsen yang menyediakan jenis generator soundproof. Mengapa demikian? Karena generator set tidak bising saat dinyalakan. Saat generator dinyalakan tidak menghasilkan suara bising yang akan menganggu Anda ataupun lingkungan sekitar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.