Ilustrasi amplop custom

Mengenali Jenis Kertas Amplop Custom

Saat ini amplop sudah sangat jarang digunakan kecuali pada hari raya tertentu. Seperti lebaran, imlek atau hari raya lainnya yang membutuhkan amplop sebagai salah satu tunjangan hari raya berupa uang. Jika ingin amplop yang menarik, kamu bisa memesan beberapa contoh amplop yang akan digunakan agar hari raya mu semakin berwarna. Biasanya mereka menyebutnya dengan cetak amplop custom terutama pada digital printing di Jakarta. Ada beberapa jenis kertas amplop yang perlu kita ketahui.

Jenis Amplop Custom

  1. Jenis art paper 150 gsm

Jenis kertas ini biasanya ditandai dengan permukaan kertasnya yang mengkilap dan lebih glossy. Kertas ini dapat memunculkan warna pada desain dan bentuk amplop yang akan dibuat. Art paper ini memiliki tekstur yang keras dan tidak lentur, sehingga tidak mudah meninggalkan bekas lipatan dan lebih tahan lama. Kertas yang satu ini biasanya digunakan untuk menyimpan berkas dokumen. Karena bahannya yang sangat cocok, agar dokumen yang disimpan juga tidak mudah terlipat karena bahan kertas ini mempunyai permukaan yang sangat keras.

  1. Kertas matte 120 gsm

Jika kamu ingin memiliki amplop yang sangat nyaman dan lembut untuk dipegang, kamu harus memesan amplop dengan kertas jenis matte ini. Karena perlu kita ketahui bahwa ini adalah cetak amplop custom, maka kamu bisa saja memesannya terlebih dahulu. Jenis kertas ini mempunyai karakter glare free-nya yang dapat disesuaikan dan dapat diberi campiran warna. Sifatnya tidak silau, sehingga kertas ini dapat menampung berbagai banyak warna, dan membuat tampilan amplop menjadi meriah dan menarik. Amplop ini sangat cocok digunakan untuk perayaan seperti lebaran. Kamu juga dapat mengisinya dengan uang yang dibagikan kepada anak-anak.

  1. Kertas samson kraft ukuran 70 gsm, 200 gsm dan 280 gsm

Jika kamu adalah salah satu orang yang suka menggunakan paperbag, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas yang satu ini. Karena kertas ini merupakan salah satu hasil daur ulang yang modern. Warna yang dihasilkan juga khas coklat. Ciri-ciri lainnya yaitu kertas ini biasanya akan cenderung kasar dan warna yang digunakan biasanya hanya dua saja karena hasilnya akan jelek, tidak seperti bahan kertas yang putih.

  1. Kertas hvs 80 gsm dan kertas hvs 100 gsm

Kertas jenis ini biasanya kertas yang sangat sering digunakan, karena bahannya yang sangat ringan dan multi fungsi dan dapat menyimpan banyak dokumen penting. Tetapi sangat disayangkan karena jenis kertas ini belum memiliki daya tahan yang tinggi, bentuknya juga sangat lembek. Tetapi, sangat nyaman untuk dipegang. Jika kamu adalah salah satu orang yang suka menyimpan dokumen atau surat dalam amplop, maka disarankan untuk menggunakan kertas jenis ini. Ingat, pastikan cetak amplop custom sesuai kebutuhan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.