bimbel matematika SD

Bimbel Matematika SD Klasikal dan Privat, Apa Sajakah Kelebihan dan Kekurangannya?

Manakah yang lebih baik, bimbel matematika SD klasikal atau privat? Setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya. Segala hal mungkin akan dilakukan untuk menunjang kegiatan belajar anak, salah satunya adalah dengan mengikutkan mereka ke tempat bimbingan belajar.

Ya, bimbingan belajar atau bimbel dianggap sebagai salah satu cara terbaik agar anak mau belajar di luar sekolah. Terlebih jika orang tua merasa tidak mampu mendampingi anak saat belajar di rumah. Menariknya, beberapa bimbel memberikan pilihan mengenai jenis kegiatan belajar mengajar, yaitu pembelajaran secara klasikal atau di dalam kelas dan pembelajaran privat. Lalu, manakah diantara kedua jenis pembelajaran tersebut yang cocok untuk anak Anda? Berikut penjelasannya.

Les Klasikal

Salah satu jenis les atau pembelajaran yang ditawarkan oleh bimbel adalah jenis klasikal. Les klasikal atau les di dalam kelas tentunya sudah bukan hal yang asing lagi. Ya, karena sekolah konvensional di Indonesia menerapkan sistem belajar mengajar seperti ini pula.

Terdapat kelebihan dan kekurangan dari les bimbel matematika SD jenis klasikal. Untuk kelebihannya, murid tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi juga berinteraksi dengan murid yang lainnya. Selain itu tutor juga biasanya memberlakukan beberapa jenis kegiatan di dalam kelas termasuk belajar secara berkelompok. Tenang saja, meskipun ada banyak murid di dalam kelas namun jumlahnya tidak sebanyak jumlah murid kelas di sekolah. 

Keunggulan lain dari les klasikal adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dari les privat. Bagi orang tua dengan budget terbatas, les jenis ini tentunya merupakan solusi yang cukup menarik.

Untuk kekurangannya, suasana mungkin tidak berbeda jauh dari kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bagi anak yang pemalu, mungkin mereka akan tetap mengalami kesulitan untuk bertanya jika tidak ada yang belum dimengerti. Selain itu, les klasikal mengharuskan anak untuk mengunjungi tempat les, bukan tutor yang datang ke rumah.

Les Privat

Untuk les privat sendiri, biasanya tutor yang mendatangi rumah murid. Jika Anda memilih jenis yang ini, anak Anda merupakan satu-satunya yang akan diajar oleh tutor pada jadwal yang ditentukan.

Kelebihannya tentu saja, anak merasa lebih nyaman bertanya apalagi jika ada materi yang belum jelas. Tutor juga bisa mengulang-ulang materi hingga anak paham.

Sementara itu, kekurangan dari jenis les ini adalah tidak ada interaksi dengan teman serta biayanya yang relatif lebih mahal dari bimbel matematika SD jenis klasikal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.