pemuda yang sedang belajar

Faktor Penyebab Les Tak Berhasil

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Terkadang karena hal tersebutlah banyak orang tua yang memaksa anak untuk masuk ke tempat les international school. Jika tidak diimbangi dengan minat dan keinginan sang buah hati, ini malah justru akan membuat anak gagal. Nah, inilah beberapa faktor yang membuat anak malah gagal berproses meskipun sudah ikut les privat. 

  1. Kelelahan

Jangan heran ketika kegiatan anak-anak bisa lebih padat jika dibandingkan dengan orang dewasa. Anak yang mengikuti les jelas harus mengosongkan waktu untuk belajar lagi sehabis pulang sekolah sampai sore dan ada yang sampai malam Bahkan tak jarang ada yang jadwal les yang dimulai dari malam hari. 

Hal tersebut jelas akan membuat anak kelelahan, belum lagi biasanya dalam seminggu anak harus les 4-5 kali. Padahal anak-anak juga perlu istirahat yang cukup. Rasa lelah justru membuat anak tak konsen untuk belajar. 

  1. Tuntutan Terlalu Tinggi 

Tak jarang orang tua yang menuntut anak agar selalu berprestasi baik di bidang akademik dan non akademik. Inilah yang menyebabkan orang tua maksa anak untuk les international school dan bahkan bisa lebih dari satu tempat. Padahal tuntutan yang terlalu tinggi inilah yang akan menyebabkan anak kurang bahagia. 

Tak sekadar tidak bahagia tapi juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak. Tak menutup kemungkinan juga anak akan merasa seperti robot yang selalu dituntut ini dan itu dari orang tuanya. Mereka yang selalu ikut les dan menghabiskan waktu lebih lama di tempat les juga bisa membuat kurang interaksi kepada anggota keluarga lainnya. Padahal perhatian dan interaksi antara anggota keluarga sangat penting untuk tumbuh kembang anak. 

  1. Tidak Mendengar Kemauan Anak 

Faktor selanjutnya yang bisa membuat les malah gagal untuk anak adalah orang tua yang tidak mau mendengarkan kemauan anak. Memang memberikan pendampingan belajar seperti mendaftar anak ke tempat les atau bimbel adalah hal yang berguna. Tapi jika anak tidak menginginkan hal tersebut maka akan sia-sia. 

Les adalah hal yang tidak wajib maka dari itu tidak usah terlalu dipaksakan kepada anak. Apapun yang dilakukan dengan terpaksa juga bisa memberikan hasil yang tak maksimal. Maka dari itu sebelum mendaftar anak ke tempat les, ada baiknya untuk mendiskusikan terlebih dahulu kepada sang anak. 

Itulah beberapa faktor yang malah membuat anak gagal berprestasi di sekolah padahal sudah mengikuti atau mendaftar di tempat les atau juga bimbel. Jika anak memang enggan untuk les international school maka jangan dipaksa. Mungkin bisa memberikan pemahaman sedikit demi sedikit tanpa paksaan agar nantinya anak bisa mau ikut les privat atau bimbingan belajar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.