bimbel SMA

Ini Dia Perbedaan Bimbel SMA dan Les Privat yang Perlu Anda Tahu

Bimbel SMA dikenal sebagai les. Bimbel dan les privat, sama-sama bimbingan untuk menambah metode pembelajaran anak di luar sekolah. Tetapi masih banyak yang belum mengetahui keduanya juga memiliki perbedaan masing-masing. Apa saja perbedaannya? Penjelasan selengkapnya akan diuraikan di bawah ini.

Bimbingan Belajar (Bimbel)

Proses belajar mengajar pada bimbel sebenarnya hampir mirip dengan belajar di sekolah, dimana hanya ada satu guru atau pengajar atau tentor dan siswanya mendengarkan. Bedanya, jumlah murid bimbel terbatas tergantung pada jenis kelas yang diambil. Semakin tinggi tingkat kelas yang diambil, biasanya jumlah siswanya semakin sedikit dan biayanya semakin mahal. Pengajaran bimbel SD, bimbel SMP, dan bimbel SMA juga tentunya berbeda-beda

Karena jumlah siswanya yang terbatas, tentor justru bisa lebih intensif memperhatikan perkembangan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Siswa juga akan diberikan latihan soal untuk mengukur pemahamannya sudah sampai mana. Soal latihan yang dikerjakan itu juga akan dibahas bersama satu per satu lengkap dengan tips untuk menyelesaikan soal yang tidak diberikan di sekolah.

Les Privat

Berbeda dengan bimbel, sesuai namanya les privat memiliki mekanisme belajar yang lebih intens lagi. Karena satu anak diajar oleh satu orang tentor. Kelebihan dari les privat ini adalah anak bisa lebih mudah memahami mengenai materi, serta bisa lebih bebas untuk menanyakan materi secara langsung apabila belum paham. Dengan kata lain, les privat lebih menjamin anak sampai benar-benar menguasai materi yang diajarkan.

Les privat ini biasanya dipilih untuk mengasah satu skill saja. Misalnya, anak SMA butuh bimbingan tambahan belajar Matematika untuk persiapan UN dan anak lebih bisa fokus jika belajar sendiri, maka orang tua bisa memilih les privat daripada bimbel SMA. Tidak hanya mata pelajaran, les privat biasanya juga untuk membantu mengasah kemampuan non akademis, seperti les piano, les musik, les komputer, dan lain-lain.

Jika ingin mengikuti les privat, harus siap mengeluarkan biaya yang lebih besar. Jika ingin lebih murah, bisa juga les privat diisi oleh beberapa anak yang sama-sama ingin belajar skill yang sama. Namun, tetap komunikasikan ke anak, dia lebih nyaman les sendiri atau ada temannya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.