ilustrasi kalender

Souvenir Kalender Unik yang Bertahan Sepanjang Tahun

Biasanya tiap jelang akhir tahun di setiap tahunnya orang akan sibuk membeli kalender baru. Namun souvenir kalender unik model berikut ini bisa digunakan selamanya di sepanjang tahun, tak perlu diganti.

Kalender Kayu Blok

Kalender ini terdiri dari beberapa blok kayu yang bertuliskan angka tanggal dan blok kayu bertuliskan hari, lalu satu lagi blok kayu bertuliskan bulan. Cara pemakaian kalender blok ini adalah dengan menyusun kotak blok tersebut sedemikian rupa di setiap harinya sehingga akan menampilkan tanggal di hari tersebut. Begitu seterusnya setiap hari di sepanjang tahun. Kalender ini abadi dan bisa dipergunakan sepanjang masa.

Kalender Lembar Gantung Balik

Kalender ini juga bisa digunakan di setiap tahun karena terdiri lembaran-lembaran bertuliskan angka tanggal yang terdiri dari dua digit angka tanggal sebanyak 2 buah, lalu ada 1 susunan lembaran bertuliskan hari dan 1 susun lembaran lagi bertuliskan nama bulan. Cara pemakaiannya adalah tiap hari bolak balik lembarannya sehingga bisa menampilkan tanggal, hari dan bulan pada tiap saat di hari tersebut.

Kalender Kayu atau Logam Geser

Kalender ini jika digeser-geser maka akan mampu menunjukkan bulan saat itu. Terdiri dari selembar papan kayu atau logam yang memuat angka-angka tanggal dan bingkai hari yang jika digeser-geser maka akan menunjukkan tanggal-tanggal di bulan yang sesuai. Sedangkan nama bulannya ada yang terletak di bagian atasnya dan ada yang terletak di sisi kanan dan kirinya. Kalender ini bertahan sepanjang masa.

Kalender Lingkar

Kalender ini bisa terbuat dari kayu atau logam atau plastik, atau kertas yang tebal juga bisa digunakan. Bentuknya berupa 3 buah lingkaran. Pada lingkaran pertama yang paling luar, tercantum pilihan angka-angka tanggal. Lalu pada lingkaran kedua tertulis singkatan nama bulan. Kemudian pada lingkaran ketiga yakni lingkaran di bagian terdalam terdapat tulisan singkatan nama hari. Lalu ada bingkai yang membingkai ketiga lingkaran tersebut, dan landasan di bagian dasarnya di bawah, yang akan menopang lingkaran tersebut agar bisa tegak berdiri menjadi kalender meja. Pada bingkai tersebut terdapat lubang segi empat, lalu tiap lingkaran tersebut harus diputar agar yang muncul di lubang bingkainya adalah angka tanggal dan nama bulan serta nama hari yang tepat sesuai saatnya. Jika kalender model 3 lingkaran ini hendak dijadikan sebagai kalender dinding juga bisa, dengan menghilangkan sandaran di bagian dasarnya dan menggantinya dengan cantolan kait agar kalender bisa dipasang di dinding tembok. Lalu setiap hari tinggal digeser agar bisa menunjukkan tanggal yang tepat.

Itulah beberapa model kalender abadi yang bisa digunakan di setiap tahun, sepanjang masa.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.