Ilustrasi tote bag sebagai souvenir

Seputar Souvenir Kantor: Alat Branding yang Tak Tergantikan

Dewasa ini, pekerjaan kantoran menjadi salah satu pekerjaan yang diidam-idamkan oleh semua orang. Lingkungan kantor yang kondusif ditambah dengan gaji yang biasanya cukup tinggi adalah beberapa alasan mengapa orang-orang begitu menyukai pekerjaan kantor. Kantor-kantor perusahaan maupun lembaga-lembaga lainnya, baik besar maupun kecil biasanya memiliki souvenir kantor yang khas. Simak artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut terkait souvenir kantor!

Souvenir kantor itu sebenarnya apa sih? Jika mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, souvenir diartikan sebagai tanda mata, kenang-kenangan, atau hadiah. Souvenir kantor sendiri biasanya berguna sebagai salah satu identitas khas kantor. Selain itu,  cenderamata ini juga berguna untuk meningkatkan rasa saling memiliki antaranggota. 

Barang-barang ini biasanya akan dibagikan pada saat terjadi acara-acara di kantor, seperti kenaikan pangkat bos, ulang tahun kantor, pelepasan pegawai yang pensiun, dan seterusnya. Souvenir kantor seringnya akan diberikan kepada internal kantor seperti pegawai dan stakeholder, serta pihak eksternal kantor seperti mungkin customer atau client. 

Souvenir kantor biasanya berbentuk berbagai macam barang yang unik dan berkesan. Barang-barang ini nantinya akan diproduksi dengan jumlah sesuai pesanan kepada vendor yang telah diajak bekerjasama. Melalui souvenir, kantor dapat mem-branding kantornya. Semisal, kantor penghasil mug akan membagikan mug yang berkualitas sebagai souvenir-nya. Pihak eksternal yang menerima mug tersebut akan tersugesti bahwa kantor tersebut tentunya menawarkan barang-barang yang berkualitas baik jika dilihat sekilas dari tanda matanya. 

Beberapa souvenir kantor yang sering ditemui diantaranya adalah mug, totebag, gantungan kunci, flashdisk, payung, tempat pensil, tumbler, dan segala jenis barang yang memungkinkan atau berkaitan langsung dengan ikon suatu perusahaan. 

Tidak hanya kantor, universitas ataupun lembaga pendidikan biasanya juga mempersiapkan souvenir untuk diberikan kepada tamu-tamu pentingnya, seperti mungkin pejabat negara yang sedang melakukan inspeksi, maupun tamu mancanegara. Barang-barang ini seringkali bertuliskan logo berikut nama lembaga terkait. 

Secara sekilas, itulah makna dari souvenir kantor. Rekomendasi-rekomendasi souvenir kantor yang akan lebih detail akan hadir pada artikel berikutnya. Selamat mem-branding, boss!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.